KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT (KIM)

Kelompok Infomrasi Masyarakat ( KIM MINAK KONCAR

Kamis, 12 April 2018

RAPAT PLENO TP PKK KECAMATAN

RAPAT PLENO TP PKK KECAMATAN



Tim Penggerak PKK Kec Sukodono (TP PKK) yang di ketuai oleh Ny Indra W. Leksana, S.Sos,MM  pada tanggal 04 April 2018 telah melaksanan rapat pleno dan koordinasi kader posyandu di kantor Kecamatan Sukodono. Ibu ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Sukodono dalam sambutannya menysmpaikan  bahwa di akhir tahun 2017 ada kasus kematian ibu dan bayi di Desa Uranggantung, dan pada awal th 2018 juga ada kasus kematian ibu di Desa Dawuhan Lor. Sekalipun kasus kematian ibu yang ada di Desa Dawuhan Lor merantau ke surabaya akan tetapi karena ktp lumajang jadi di masukan kasus kematian Kabupaten Lumajang.

Ibu Ketua  TP PKK Kecamatan Sukodono yakin kalau ketua TP PKK desa dan kader sudah maksimal bekerja akan tetapi dengan kasus ini  TP PKK desa dan kader untuk lebih memonitor dan mencermati serta melakukan pendampingan jika ada ibu hamil dengan harapan agar memeriksakan kehamilannya di pelayanan kesehatan.

MTBM( menejemen terpadu bayi muda ) usia 0 s/d 2 bulan juga perlu adanya pendampingan. Ibu Ketua  TP PKK Kecamatan Sukodono mengharap mempunyai program ungulan dan ciri khas masing masing desa, contoh: bebas rokok, kelorisasi, katu, batik dll. Jika sudah terealisasi di tiap - tiap desa nanti akan diadakan lomba

Ada 8 pilar STBM ( sanitasi total berbasis masyarakat )

1. stop bab sembarangan

2. ctps ( cuci tangan pakai sabun

3. pengolaa air minum dan makanan rumah tangga

4. Pengelolaan sampah rumah tangga

5. Pengelolaan air limbah

6 gizi ibu hamil

7. pemberian makanan bagi bayi dan balita

8. pemantauan pertumbuhan anak

Rapat Pleno di hadiri 100 orang se-wilayah Kecamatan Sukodono terdiri dari ketua dan sekretaris pkk desa, ketua kader posyandu se kecamatan sukodono dan penggurus TP PKK Kecamatan Sukodono.(Hnf)