KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT (KIM)

Kelompok Infomrasi Masyarakat ( KIM MINAK KONCAR

Selasa, 17 April 2018

UJIAN AKHIR MADRASAH 2018

UJIAN AKHIR MADRASAH 2018


Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang setara dengan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) se Kabupaten Lumajang serentak melaksanakan UAMBN - BK ( ujian akhir madrasah berstandar nasional berbasis komputer). Ujian di mulai tanggal 5 April 2018  s/d tanggal 6 April 2018 dengan bidang study PAI ( Pelajaran Agama Islam )

1. al- quran hadits

2. aqidah akhlak

3. fikih

4. SKI ( sejarah kebudayaan islam

5. bahasa arab ( rofii)

Ujian kali ini diikuti oleh 56 (lima puluh enam) siswa. Persiapan UAMBN-BK untuk siswa kelas 9 MTs Miftahul Ulum Desa Selokgondang Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang, dilakukan dengan latihan soal-soal ujian. Siswa-siswi digembleng setiap hari agar lebih siap dalam mengerjakan soal-soal ujian. Istoghosah juga dilakukan oleh pihak sekolah, dengan harapan agar Alloh SWT memberikan kemudahan dan kelancaran dalam pelaksanaan Ujian. Istighosah juga melibatkan para wali murid, terutama Ibu dari wali murid.


Karena ujian berbasis Komputer, secara otomatis sekolah harus mempersiapkan sarana dan prasanara untuk mendukung suksesnya pelaksanaan ujian. Diantaranya kebutuhan pokoknya berupa Komputer, laptop. Saat ini sekolah masih mempunyai 20 komputer dan laptop, sehingga kurang memadai untuk pelaksanaan ujian nantinya. Menghadapi permasalahan ini, sekolah mempunyai solusi dengan melaksanakan ujian dalam 3 gelombang. 

MTs adalah lembaga pendidikan setingkat SLTP yang berada dalam naungan Kementrian Agama. Kabupaten Lumajang adalah Kabupaten pertama di Jawa Timur yang mewajibkan MTs melaksanakan ujian dengan berbasis computer. (Rof)