KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT (KIM)

Kelompok Infomrasi Masyarakat ( KIM MINAK KONCAR

Selasa, 10 April 2018

PAGUYUBAN KOPWAN MINAK KONCAR

PAGUYUBAN KOPWAN MINAK KONCAR

Kim Minak Koncar
Pertemuan Paguyuban di KWT

Kopwan adalah Koperasi Wanita yang pendiriannya bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat melalui peran perempuan. Untuk memberi ruang dan meningkatkan potensi perempuan dalam aktivitas ekonomi dan sekaligus sebagai media bagi perempuan untuk beraktualisasi diri, Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam beberapa tahun terakhir telah memutuskan untuk memfasilitasi dan mendorong pengembangan koperasi yang khusus dikelola oleh perempuan. Saat ini banyak lembaga mikro keuangan  yang ada di masyarakat, yang juga melibatkan eksistenisi kaum perempuan, akan tetapi dengan adanya kopwan yang telah berbadan hokum, kiprah mereka dalam perkoperasian lebih terjamin/terlindungi.

Kim Minak Koncar
Pengurus Paguyuban Kopwan Minak Koncar
Kecamatan Sukodono yang terdiri dari 10 desa, telah mempunyai Paguyuban Koperasi Wanita yang beranggotakan seluruh kopwan yang ada di wilayah Kecamatan Sukodono. Setiap bulan paguyuban ini mengadakan pertemuan rutin, dengan tujuan untuk mensinergikan tujuan dari kopwan se-kecamatan Sukodono. Dengan adanya pertemuan ini, diharapkan permasalahan-permasalahan yang ada di paguyuban dapat terselesaikan. Saling sharing, bertukar pendapat dengan desa-desa lain dalam menyelesaikan masalah. 

Tempat pelaksanaan pertemuan Kopwan Minak Koncar berpindah-pindah, anjang sana istilahnya. Tidak jarang juga lokasi pertemuan diadakan di tempat-tempat wisata, seperti KWT, Selokambang, Pemandian Hutan Bambu, dll. Hal ini  juga dalam rangka mengenalkan juga mempromosikan tempat-tempat wisata yang ada di Kabupaten Lumajang. Setiap pertemuan, anggota yang hadir tiap Kopwan 5 orang anggota dan pengurus. Ada arisan juga disetiap pertemuannya bertujuan untuk lebih mengakrabkan antar anggota paguyuban Kopwan.(SR)