KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT (KIM)

Kelompok Infomrasi Masyarakat ( KIM MINAK KONCAR

Rabu, 24 Oktober 2018

Upacara Sedekah Bumi di Desa Sumberejo Kec. Sukodono

Upacara Sedekah Bumi di Desa Sumberejo Kec. Sukodono Warga Desa Sumberejo menggelar sedekah bumi, warga beramai ramai membuat seserahan berupa tumpeng selain itu ada juga Gunungan yang merupakan hasil bumi masyrakat desa Sumberejo.
Sedekah bumi adalah sebuah Upacara yang dilaksanakan oleh masyarakat Jawa yang pelaksanaannya diikuti seluruh warga desa dan setiap masing –masing orang membawa “Berkat”. Sedekah Bumi rutin dilaksanakan setiap bulan Suro dalam kalender Jawa. Tradisi sedekah bumi ini rutin dilaksanakan setiap dua tahun sekali oleh masyrakat Desa Sumberejo ,tradisi ini sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rejeki kepada warga Desa Sumberejo. Gelaran Sedekah Bumi ini juga dihadiri oleh Bapak Bupati Lumajang ,Forkompincam Kec Sukodono.dalam sambutannya Bapak Bupati mengucapkan terima kasih kepada Warga Sumberejo yang telah melestarikan budaya adfi luhung ini walaupun dijaman serba teknologi budaya sedekah bumi masih tetap dilestarikan.
Pada malam harinya ada pagelaran wayang kulit mengangkat cerita Semar bangun Khayangan oleh Ki Dalang Danang dari Dawuhan Lor.