KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT (KIM)

Kelompok Infomrasi Masyarakat ( KIM MINAK KONCAR

Kamis, 05 Maret 2015

DEKLARASI ODF (Open Defecation Free)


Open Defecation Free (ODF) / bebas buang air besar di sembarang tempat merupakan salah satu program  pemerintah di bidang kesehatan melalui  Kementrian kesehatan bekerjasaama dengan Dinas kesehatan di Kabupaten tertentu, yang mana  deklarasi ini di sampaikan oleh daerah/wilayah yang warganya telah bebas buang air besar sembarangan. 

Deklarasi  ODF untuk  pertama kali di deklarasikan  di Desa Selokbesuki Kecamatan Sukodono pada tanggal  01 Desember 2014. Pada acara tersebut dihadiri oleh  Kepala Dinas  Kesehatan (yang pada kesempatan  itu diwakili  oleh bagian penyuluhan), Kepala Puskesmas  Sukodono beserta jajarannya, bapak Camat Sukodono,Kepala Desa Selokbesuki  beserta perangkat, Ketua TP PKK Desa Selokbesuki beserta seluruh kader PKK  dan Posyandu yang ada  di  Desa Selokbesuki, RT/RW se-desa Selokbesuki, BPD,LKMD. Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB yang dibuka dengan tampilan dari siswa-siswi TK Muslimat, dilanjutkan dengan  sambutan dari  Kepala Desa  Selokbesuki  yaitu Bapak Maimun  Abdul Hamid.

Dalam  kesempatan tersebut  bapak  Maimun menyampaikan bahwa  sebenarnya untuk  Wilayah Desa  Selokbesuki sudah sejak lama sudah terbebas dari buang air besar sembarangan. Hal ini tidak  lepas  dari  peran serta masyarakat yang sadar  akan pentingnya kesehatan dengan tidak melakukan BAB sembarangan,juga peran serta Kader-kader Posyandu yang telah memberikan penyuluhan  maupun himbauan  kepada warga  utuk  tidak melakukan BAB sembarangan.

Acara  dilanjutkan dengan pembacaan deklarasi ODF yang dilakukan oleh Kepala  Dusun  yang ada di Desa Selokbesuki dan juga para kader posyandu Gerbangmas. Selanjutnya  sambutan dari Bapak Camat Sukodono. Dalam sambutannya, beliau sangat mengapresiasi adanya kegiatan Deklarasi ODF ini. Ini merupakan program yang sangat positif untuk  menjaga kesehatan di masyarakat untuk lebih bergaya hidup sehat. Desa Selokbesuki merupakan desa pertama  di  Kecamatan  Sukodono yang mendeklarasikan ODF ini.  Semoga  untuk desa-desa  yang lain segera juga melakukan hal  yang serupa.

Selanjutnya pemberian Piagam oleh Dinass Kesehatan  kepada Kepala Desa Selokbesuki yang dilanjutkan dengan doa sebagai penutup acara oleh Bp.Munif.