KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT (KIM)

Kelompok Infomrasi Masyarakat ( KIM MINAK KONCAR

Jumat, 21 November 2014

KEGIATAN DONOR DARAH DI KECAMATAN SUKODONO


Donor darah adalah proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela untuk disimpan di bank darah untuk kemudian digunakan pada transfusi darah.

Untuk menekankan pentingnya persediaan darah hasil sumbangan, Palang Merah Australia menyampaikan bahwa "80% orang Australia akan membutuhkan transfusi darah suatu saat pada hidup mereka, namun hanya 3% yang menyumbang darah setiap tahun". Menurut palang merah di Amerika Serikat, 97% orang kenal orang lain yang pernah membutuhkan transfusi darah. Dan menurut survei di Kanada, 52% orang Kanada pernah mendapatkan transfusi darah atau kenal orang yang pernah.

Donor darah biasa dilakukan rutin di pusat donor darah lokal. Dan setiap beberapa waktu, ada pula penggalangan donor darah yang diadakan di tempat-tempat keramaian, seperti di pusat perbelanjaan, kantor perusahaan besar, tempat ibadah, serta sekolah dan universitas. Pada acara ini, para calon pendonor dapat menyempatkan datang dan menyumbang tanpa harus mengkhususkan diri mendatangi pusat donor darah. Selain itu, bank darah dapat memiliki mobil donor darah yang digunakan untuk tempat menyumbang.

Pagi ini, Jum’at (21/11/2014) bertempat di Kecamatan Sukodono KIM Minak Koncar Kecamatan  Sukodono beserta Pemerintah Kecamatan bekerja sama dengan PMI telah melaksanakan Kegiatan Donor Darah.

Dalam kegiatan tersebut diawali dengan kegiatan Senam Kesegaran Jasmani terlebih dahulu, yang diikuti oleh Dinas, Instansi Kecamatan, Semua Anggota KIM Minak Koncar dan Perangkat Desa se Kecamatan Sukodono.

Setelah SKJ selesai dilaksanakan, kemudian acara dilanjutkan dengan kegiatan donor darah yang bekerja sama dengan PMI Kabupaten Lumajang. Kegiatan Donor Darah tersebut dilaksanakan secara rutin 3 ( tiga ) Bulan sekali . Peserta yang hadir sangat antusias dalam mengikuti kegiatan Donor Darah tersebut.

Diharapkan agar kegiatan semacam ini dapat terlaksana dan dikembangkan di desa – desa se Kecamatan Sukodono. Diharapkan dengan seringnya kegiatan donor darah ini, masyarakat supaya lebih sadar akan betapa pentingnya setetes darah bagi kehidupan.