KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT (KIM)

Kelompok Infomrasi Masyarakat ( KIM MINAK KONCAR

Selasa, 18 Maret 2014

PENANAMAN POHON DI PEMANDIAN SELOKAMBANG





             Pada hari Sabtu tanggal 15 Maret 2014 di Pemandian Selokambang diadakan Penanaman Pohon untuk menghutankan kembali Hutan yang telah rusak disekitar Taman Wisata Pemandian Selokambang yang merupakan realisasi dari program KIM Kabupaten di awal programnya pada akhir tahun 2013 di kegiatan Launching Ini Pohonku.
       Penanaman Pohon ini dilakukan oleh Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Se-Kabupaten Lumajang, juga dihadiri oleh YIC (Youth Information Community ) yang merupakan organisasi yang beranggotakan siswa – siswi SMU dan SMK di Kabupaten Lumajang. Dihadiri pula oleh KIM JAIKA dari Kabupaten Malang, Perwakilan dari Probolinggo.
            Kegiatan ini juga dihadiri oleh Bapak Wakil Bupati Lumajang Bpk. As’at Malik, S.Ag, Bpk.Setda Kab. Lumajang Dr. Buntaran, Bpk. Camat Se- Kabupaten Lumajang, serta Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kehutanan, Dinas Sosial BUdaya, Dinas Pariwisata,  dan BTNBS.
              Tujuan dari kegiatan Penanaman Pohon ini adalah untuk mewujudkan kepedulian masyarakat terhadap hutan yang ada di sekitar kita dan menghijaukan kembali hutan kita serta menjaga kelestarian Sumber Mata Air yang ada karena sekarang sudah banyak terjadi kerusakan hutan yang terjadi yang banyak disebabkan oleh ulah orang –orang yang tidak bertanggung jawab. Dengan kepedulian yang dilakukan oleh KIM Se-Kabupaten Lumajang diharapkan dapat menjadi modal awal atau memotivasi masyarakat akan kepedulian kita terhadap kelestarian hutan agar anak cucu kita mendapatkan air yang cukup yang merupakan salah satu fungsi dari pohon.
         Sambutan dari Wakil Bupati Bapak As’at malik, S.Ag  akan pentingnya penanaman Pohon dalam menghutankan kembali hutan yang telah banyak ditebangi dan gundul yang dapat mengakibatkan banjir atau erosi yang dapat merugikan masyarakat serta membawa malapetaka. Dengan menanam 1 pohon akan mendapatkan 1 juta manfaat, dan juga dengan penanaman pohon yang sebanyak – banyaknya  dapat pula menjaga kelestarian Sumber Mata Air.
         

Penanaman Pohon ini atau “Ini Pohonku” akan ditindak lanjuti Oleh KIM Kecamatan yang akan dilaksanakan di Wilayah atau Kecamatan masing – masing Se- Kabupaten Lumajang