KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT (KIM)

Kelompok Infomrasi Masyarakat ( KIM MINAK KONCAR

Minggu, 15 Desember 2013

ZIARAH SITUS BITING







Ziarah ke Makam Biting merupakan salah satu rangkaian agenda Hari Jadi  Lumajang (Harjalu) yang ke-758.Makam Biting ini terletak di Dusun Biting Desa Kutorenon, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Lumajang.
Acara dilaksanakan H-1 dari Hari jadi Lumajang, yang pada kesempatan ini bertepatan pada hari Sabtu tanggal 14 Desember 2013. Acara ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghormati Adipati Pertama Kabupaten Lumajang yaitu Arya Wiraraja dan juga sebagai Napak Tilas Sejarah Lumajang                                               
Acara ini dimulai dengan pembukaan. Dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Adapun sambutan dari bapak Bupati Lumajang Bapak Sjahrajad Masdar yaitu, kita selayaknya bangga sebagai warga Lumajang, karena Lumajang dulunya merupakan sebuah kerajaan yang sangat besar,  dengan pemimpin yang begitu Luar biasa yaitu Arya Wiraraja.
Bertepatan dengan akan diadakannya Pilihan Kepala Desa yang serentak se - Kabupaten Lumajang, bupati berpesan agar menggunakan hak politiknya sebaik  mungkin. Jika ada yang bagi-bagi uang, ambil saja uangnya, tapi untuk  masalah memilih, itu hak asasi kita. Diharapkan masyarakat lebih cerdas dalam berpolitik, jangan mau suara kita di beli hanya dengan Rp.20.000,- atau Rp.50.000,- bahkan Rp. 100.000,-. Bapak Bupati juga berharap agar cagar budaya ini terus dikembangkan dan dilestarikan.                                                                                                                      
Acara selanjutnya istighosah yang di pimpin oleh   Ustadz Kusni. Dilanjutkan dengan acara tabur bunga dan pemberian santunan oleh Bapak Bupati kepada Penjaga Makam     (Juru Kunci) dan penutup.
Rangkaian acara Harjalu kali ini di teruskan dengan agenda
ramah  - tamah dengan warga sekitar Makam  dan siswa- siswi SD.
Makan bersama dengan     warga menunjukkan “guyub”nya warga dengan pemimpinnya.
Pada kesempatan kali ini, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Minak Koncar juga tidak mau ketinggalan. Kami mengikuti acara dari awal hingga akhir dan diteruskan dengan kunjunganke Situs Biting. Bapak Camat Trikondo Cahyono ternyata juga antusias untuk mengikuti jejak kami.
Beliau juga turut ke Situs Biting dan berincang- bincang dengan warga di sekitar situs. Jalan yang ekstrim karena habis hujan tidak menyurutkan semangat kami untuk menuju lokasi situs. “Jika Situs ini dikelola dengan baik, kita gak usah jauh-jauh ke Borobudur untuk lihat Candi,di sini juga ada” begitu celetukan salah satu anggota kami. Hal ini merupakan PR bagi pemerintah daerah agar lebih memperhatikan peninggalan sejarah dan merupakan asal-usul dari Kabupaten Lumajang.