KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT (KIM)

Kelompok Infomrasi Masyarakat ( KIM MINAK KONCAR

Rabu, 18 Desember 2013

Koleksi Situs Biting Dipamerkan di Sampang

Koleksi Situs Biting Dipamerkan di Sampang


Museum Rakyat Lamajang yang berlokasi di Situs Biting Kotaraja Lamajang telah mengikuti Pameran Keunikan Koleksi Museum Se Jawa Timur 2013 di Sampang, 15-19 April 2013. Tim dari Lamajang menampilkan koleksi peninggalan sejarah dan purbakala yang belum dikenal oleh masyarakat Jawa Timur dari berbagai situs di Lumajang.
Situs Biting Kutorenon, Kec. Sukodono
Ketua Tim Pameran Museum Lumajang, Ricko Wardana mengatakan, tim mengikuti pameran ini, untuk mengenalkan peninggalan sejarah Kaki Gunung Semeru. Pasalnya, banyak sekali keunikan peninggalan sejarah Lumajang yang belum dikenal oleh masyarakat, sejarawan, arkeolog dan para pecinta sejarah di Indonesia.

"Lamajang atau sekarang dikenal Lumajang merupakan daerah yang memiliki peradaban yang sangat tua dan belum dikenal, kami sangat ingin mengenalkan peradaban kebudayaan Lumajang," terangnya.
Sementara, Arkeolog Lumajang, Aries Purwantiny mengaku, dengan mengikuti pameran museum bisa meningkatan wawasan dan pengetahuan fungsi museum sebagai sarana apresiasi warisan budaya bangsa.

Situs Gedong  Putri, Candipura
"Kami ingin dengan masyarakat ikut memiliki dan menjaga peninggalan sejarah, jadi kami melakukan Bottom Up, kalau rakyat sendiri yang peduli, saya yakin koleksi museum aman dan ikut melestarikan," paparnya.
Tim Museum Kotaraja Lamajang akan menampilkan koleksi dari Situs Gedhong Putri, Situs Biting, Situs Randuang, dan sejumlah peninggalan dari sejumlah temuan masyarakat.





Situs Randuagung
"Pameran keunikan koleksi museum salah satu dari melestarikan peninggalan warisan budaya di Jatim dan Nusantara," pungkasnya.