KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT (KIM)

Kelompok Infomrasi Masyarakat ( KIM MINAK KONCAR

Sabtu, 10 Februari 2018

GERAKAN MASYARAKAT SEHAT (GERMAS)

GERAKAN MEMBANGUN MASYARAKAT SEHAT (GERMAS)

KIM Minak Koncar

Puskesmas Sukodono Kabupaten Lumajang bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kecamatan melaksanakan Lomba GERMAS (Gerakan Membangun Masyarakat Sehat) pada tanggal 22 – 25 Januari 2018. Kegiatan ini diikuti oleh 10 Desa yang ada di wilayah kecamatan Sukodono.

Gerakan Membangun masyarakat hidup sehat (GERMAS) adalah gerakan bersama yang memiliki beberapa tujuan mulai menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular, baik kesakitan, kematian maupun kecacatan, menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas, menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan. Perbaikan lingkungan dan perubahan perilaku kearah yang lebih sehat perlu dilakukan.

Pelayanan dengan pendekatan GERMAS ini ada lima kegiatan yang harus dilaksanakan, yaitu:

1.      Aktifitas Fisik
Berupa senam secara rutin, paling tidak seminggu sekali. Aktifitas fisik dilakukan secara kontinyu, bisa juga tiap hari 15 menit setiap pagi. Atau disesuaikan dengan kemampuan individu.

2.      Pemeriksaan Berkala
Pemeriksaan dilakukan tidak hanya ketika sakit saja. Pemeriksaan dilakukan secara rutin untuk mengetahui sedang mengidap penyakit atau tidak, baik penyakit yang menular maupun yang tidak.

3.      Tidak Merokok
Agar tidak merokok didalam maupun di luar ruangan.

4.      Makan buah dan sayur
Diusahakan setiap hari untuk mengkonsumsi buah dan sayur. Konsumsi buah sebelum makan lebih baik daripada setelah makan, karena konsumsi buah sebelum makan akan melancarka proses pencernaan di dalam utubuh.

5.      Pemeriksaan Lingkungan
Dengan melaksanakan kerja bakti membersihkan lingkungan secara berkala dan kontinyu, isalnya dengan program Kamling DB di tiap RT.

Germas ini tidak mengenal tempat dan usia. Dimanapun dan kapanpun kita dapat melaksanakannya, baik laki-laki maupun perempuan, dari balita, remaja, dewasa bahkan kakek nenek juga harus hidup GERMAS. Dengan ini diharapkan masyarakat bisa lebih sehat, bebas dari segala macam penyakit. (Khri)