KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT (KIM)

Kelompok Infomrasi Masyarakat ( KIM MINAK KONCAR

Senin, 06 Juni 2011

Gambaran Umum KIM Minak Koncar


Gambaran Umum
Kelompok Informasi Masyarakat ( KIM ) adalah Lembaga layanan publik yang dibentuk dan dikelola dari, oleh, dan untuk masyarakat yang berorientasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat agar sadar akan pentingnya suatu komunikasi dan informasi. KIM di Kabupaten Lumajang terdiri dari KIM yang ada di 21 Kecamatan se Kabupaten Lumajang, diantaranya KIM MINAK KONCAR yang ada di Kecacamatan Sukodono
Tujuan dibentuknya  Kelompok Informasi  Masyarakat  ( KIM ) khususnya KIM MINAK KONCAR yang ini adalah :
1.  Menyelesaikan masalah bersama melalui diskusi dengan anggota kelompok.
2.  Mengenali cara pemecahan suatu masalah.
3.  Membuat dan melaksanakan keputusan bersama.
4.  Memberikan, mengembangkan dan mengelola informasi yang akurat, positif dan bermanfaat dalam masyarakat khususnya di wilayah Kecamatan Sukodono.
5.  Mengembangkan dan menerpakan pemberdayaan informasi dan komunikasi pada anggota kelompok dan masyarakat.
6.  Mengembangkan potensi wisata, produk unggulan maupun seni budaya diwilayah Kabupaten Lumajang khususnya di Kecamatan Sukodono untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

VISI KIM MINAK KONCAR
Terwujudnya Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang inovatif dalam meningkatkan nilai tambah bagi masyarakat melalui pendayagunaan informasi dan komunikasi dalam rangka mencapai informasi yang akurat positif dan bermanfaat bagi masyarakat luas.

MISI KIM MINAK KONCAR
1.  Meningkatkan peranan KIM dalam memperlancar arus informasi antar anggota masyarakat dan atar pemerintah dengan masyarakat.
2.  Mendorong tumbuh dan berkembangnya KIM secara mandiri sebagai wahana informasi bagi masyarakat.
3.  Meningkatkan kemampuan anggota KIM dan masyarakat dalam mengakses dan mengelola informasi dalam rangka meningkatkan literasi informasi dan mengatasi kesenjangan informasi.

TUGAS KIM MINAK KONCAR
1.  Mewujudkan masyarakat yang aktif, peduli, peka dan memahami informasi.
2.  Memberdayakan masyarakat agar dapat memilah dan memilih informasi yang dibutuhkan dan bermanfaat bagi masyarakat.
3.  Mewujudkan jaringan informasi serta media komunikasi dua arah antara masyarakat dengan masyarakat, masyarakat dengan pemerintah maupun dengan pihak lainnya.
4.  Menghubungkan satu kelompok masyarakat dengan kelompok yang lainya untuk bersama-sama mewujudkan masyarakat sadar akan betapa pentingnya informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari.