KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT (KIM)

Kelompok Infomrasi Masyarakat ( KIM MINAK KONCAR

Senin, 21 Mei 2018

PERTEMUAN POKJA KAMPUNG KB

PERTEMUAN POKJA KAMPUNG KB DESA BONDOYUDO KECAMATAN SUKODONO TAHUN 2018 Kampung KB di canangkangkan oleh Presiden Jokowi tahun 2015 di tanggerang jawa Barat dengan tujuan membangun daerah pingiran dengan intregrasi dari program semua lintas sektor. Dusun alasmalang Desa Bondoyudo Kecamatan Sukodono telah di bentuk kampung KB setelah Desa selokgondang. Dan pada hari rabu tanggal 9 mei 2018 telah di adakan pertemuan pokja kampung KB yang di hadiri dari lintas sektor, camat, Ka Puskesmas, Koramil, Polsek, Koordinator pendidikan, PKK Kecamatan , PKK Desa Kader dan masyarakat.
1. Camat Sukodono bapak Indra. W. Leksana , S.Sos. MM menyampaikan - kampung KB bukan menangani KB saja tapi bisa semua program dari instansi yang terkait dan masuk di desa - Dengan adanya kampung Kb kegiatan yang tidak ada bisa ada dan bisa di kembangkan bukan Cuma KB dua anakcukup tai bagaimana BKb, BKR dan BKL nya 2. Ka Puskesmas Sukodono dr. Zahrotul ilmiyah menyampaikan - Dengan adanya kampung Kb ibu hamil yang berisiko tinggi bisa di minimalis dan bisa meningkatkan KIA ( Kesehatan Ibu dan Anak ) - Ibu Hamil yang kurang darah ( anemis) Bisa mengakibatkan KEK, balita gigi buruk, kematian ibu dan bayi maka dari itu perlu adanya pendampingan ibu hamil oleh kader - program gizi ada bantuan PMT balita gizi buruk setiap 10 hari di pantau perkembangannya , karena setiap tahun masih namba gizi buruk, berkurangnya karena lulus umur , bukan karena gizinya meningkat - program Sanitasi kegiatan dasar sebelum melakukan kegiatan sanitasi di perhatikan dulu , karena banyak penyakit menular , dan ada beberapa sanitasi yang harus di perhatikan , rumahdan lingkungan air bersih , jamban sehat.
3. Tim Penggerak PKK kecamatan sukodono menyampaikan ada beberapa program pkk yang bisa di masukan ke program kampong KB, karena keberadaan PKK mulai dari Pusat sampai bawah yaitu dasa wisma , dan PKK sendiri adalah mitra kerja Pemerintah , baik dari segi kesehatan , pendidikan dan pertanian - program bidang umum - pembentukan dasa wisma karena dengan adaya dasa wisma kita bisa mencari data yang kita inginkan karena di dasa Wisma ada catatan keluarga yang mencatat semua warga yang ada dan kegiatannya dan tahu jumlah Pus yang ikut KB dan tidak ber KB dan ada jga catatan kehamilan , kelahiran , kematian ibu , bayi dan nifas - Program Pokja 1 - Pola asuh anak , di masyarakat polah asuh anak di terapkan dengan cara berbeda beda antara lain : 1. otoriter akan menjadikan anak kurang percaya diri 2. permisif ( menyalakan yanglain / membela ) akan menjadikan anak tidak mandiri dan kurang bertanggung jawab , suka melukai orang lain ,mau menang sendiri 3. Demokratis akan menjadikan anak punya harga diri yang tinggi , tampil percaya diri, mandiri, dapat mengontrol diri, berani dan senang belajar di lingkungan 4. di abaikan akan menjadiakan anak cenderung memiliki harga diri serta kepercayaan diri yang rendah , bertingkah laku buruk , kemampuannya tertinggal dari teman teman seusianya dan tidak bersemangat 2. Program Pokja II - BKB, BKR, BKL dan UPPKS ( usaha peningkatan pendapatan keluarga sejahtera dengan memberikan pelatihan ketrampilan untuk peningkatan perekonomian keluarga 3. Program pokja III - PTP ( pemanfaatan tanah pekarangan ) ada tanaman wajib , Lombok , terong , tomat untuk setiap rumah paling tidak 1 jenis tanaman 5 rumpum 4. program Pokja 4 - PHBS ( prilaku hidup bersih dan sehat ) di harapkan masyarakat punya kesadaran yang tinggi untuk berprilaku yang baik - Sosialisai pernikaan usia anak ( anak adalah seeorang yang belum usia 18 tahun termasuk di dalam kandungan ) di masyarakat masih ada yang berangapan lebih baik menjadi janda daripada menjadi perawan tua , uu pernikahan juga membolehkan anak usia 16 tahun menikah , tapi dari segi kesehatan akan berisiko tinggi hamil kurang dari usia 20 tahun , untuk itu perlu pemahaman kalaupun sudah terjadi menikah di bawah usia 20 tahun untuk menunda kehamilan sampai usia 20 tahun dengan cara memakai alatkontrasepsi yang benar. (Khri)