KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT (KIM)

Kelompok Infomrasi Masyarakat ( KIM MINAK KONCAR

Senin, 26 Februari 2018

SOSIALISASI CERMAT DAN PAS

SOSIALISASI CERMAT DAN PAS

KIM Minak Koncar

Pada hari Jum’at, tanggal 23 Pebruari 2018, Dinas kesehatan bekerjasama dengan TP PKK Kecamatan dan TP PKK Desa Selokbesuki telah mengadakan Sosialisai CERMAT dan PAS yang bertempat di Balai Desa Selokbesuki Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang. CERMAT dan PAS adalah Cerdas Menggunakan Obat dan Pangan Aman Sehat merupakan program dinas kesehatan di bidang pengelolaan makanan dan konsumsi obat-obatan yang aman bagi masyarakat.

Dengan adanya sosialisasi CERMAT dan PAS ini diharapkan masyarakat cerdas daalam penggunaan obat-obatan dan dalam mengelola makanan. Tidak membeli obat sembarangan, mengelola makanan tanpa bahan pengawet, pewarna yang bukan untuk makanan, dll. Diharapkan juga agar konsumen dapat membedakan mana makanan yang mudah rusak dan yang tidak mudah rusak. Kepala Puskesmas Sukodono dr. Zahrotul Ilmi menyampaikan bahwa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika kita menjumpai oabt-obatan dengan istilah DAGUSIBU, yaitu :

1.      DApatkan obat obat yang benar (melalui resep dokter),

2.      GUnakan obat sesuai aturan,

3.      SImpan obat sesuai petunjuk,

4.      BUang obat yang sudah tidak terpakai dengan benar.

Adapun komponen yang menghadiri acara ini diantaranya TP PKK Kecamatan, TP PKK Desa, Kader Posyandu Desa Selokbesuki, Perangkat Desa, pedagang kai lima yang berada di kawasan Kecamatan SUkodono, pedagang retail, tidak ketinggalan ibu rumah tangga juga turut serta dalam acara ini. masyarakat sangat antusias dengan acara ini, karena dengan adanya sosialisai mereka menjadi tau bagaimana cara mengolah makanan yang aman dan sehat buat keluarga dan calon konsumennya. (Hnf)