KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT (KIM)

Kelompok Infomrasi Masyarakat ( KIM MINAK KONCAR

Rabu, 19 November 2014

RAPAT KOORDINASI PERUMUSAN DESA WISATA ( DEWI )



Rapat Koordinasi Perumusan Desa Wisata
Pada Hari Selasa tanggal 18 Oktober 2014 jam 10.00 WIB telah dilaksanakan Rapat Koordinasi Perumusan Desa Wisata bertempat di Aula Kantor Kecamatan Sukodono yang dihadiri oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

Pada pembahasan acara rapat koordinasi tersebut, satu Kecamatan harus ada satu Desa Wisata sesuai dengan rencana program Bapak Bupati Lumajang. Adapun Desa yang ditunjuk di Kecamatan Sukodono yaitu Desa Kutorenon, dengan wisata Situs Biting yang mana selama ini cuma cerita tapi dengan adanya Desa Wisata ini bisa terwujud.

Selain Desa Wisata ada juga  3 ( Tiga ) Desa Penyangga yaitu : 
1.     Desa Dawuhan Lor
      2.   Desa Selokbesuki
      3.   Desa Bondoyudo

Peserta Rapat Koordinasi Perumusan Desa Wisata
Dengan adanya Desa Wisata diharapkan potensi daerah bisa dijual secara lokal, nasional dan internasional. Potensi Desa Wisata bisa dikembangkan satu paket dengan potensi wisata desa di kecamatan lain yang selama ini udah banyak potensi-potensi tempat wisata di Kabupaten Lumajang Umumnya dan Kecamatan-kecamatan pada khususnya yang sudah mulai dikenal oleh masyarakat lokal maupun luar daerah, misalnya di tempat wisata Ranukumbolo, Ranupani, Hutan Bambu, Watu Godek atau Wisata diatas Awan B-29 yang sedang lagi ngetrend dikenal oleh banyak orang baik dari warga Lumajang, maupun dari daerah luar sekitarnya
Desa Wisata ini diharapkan bisa menjadikan potensi yang ada di Kab. Lumajang bisa lebih tergali dan di kenal oleh masyarakat umum. Situs Biting merupakan salah satu potensi yang dimiliki oleh Kecamatan Sukodono yang juga merupakan peninggalan bersejarah bagi warga Lumajang. Dikarenakan Situs ini merupakan tempat Arya Wiraraja bersemayam yang pada waktu itu merupakan pendiri berdirinya Kota Lamajang atau sekarang dikenal Kota Lumajang.

Sarana penunjang yang harus dipenuhi  antara lain :
  1. Akses Jalan harus baik
  2. Obyek wisata yang menarik
  3. Seni, Budaya dan Legenda yang dimiliki
  4. Masyarakat dan Aparat pemerintahan harus mendukung
  5. Keamanan, akomodasi dan telekomunikasi harus terjamin 
Adapun Manfaat Desa Wisata antara lain :
  1. Membuka lapangan pekerjaan
  2. Meningkatkan ekonomi warga sekitar
  3. Mempererat silaturahmi antar warga
  4. Mengenalkan pada masyarakat luas tentang wisata tersebut

    KIM Minak Koncar Mengunjungi Benteng Situs Biting