KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT (KIM)

Kelompok Infomrasi Masyarakat ( KIM MINAK KONCAR

Kamis, 29 November 2012

PSN (Pemberantasan Sarang Naymuk)


Demam berdarah merupakan salah satu penyakit berbahaya yang perlu ditangai serius oleh pemerintah. Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) telah dikenal di Indonesia sebagai penyakit yang endemis terutama bagi anak-anak. Penyebab penyakit ini ialah virus Dengue dan ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegepty sebagai faktor utama.
Salah satu cara pemeriksaan "jentik"
Wabah penyakit demam berdarah yang sering terjadi di berbagai daerah di Indonesia di beberapa tahun yang lalu perlu mendapat perhatian. Begitu pula vektor Aedes Aegepty yang terdapat baik di daerah pedesaan maupun perkotaan memberi resiko timbulnya wabah penyakit di masa akan datang. Penyakit ini ditandai dengan panas mendadak serta ditandai dengan bitik-bintik merah yang diakibatkan oleh pecahnya pembulu darah akibat digigit nyamuk aedes Aegypty atau sering dikenal dengan nyamuk malaria.
Untuk mengatasi masalah penyakit demam berdarah di Indonesia telah puluhan tahun dilakukan berbagai upaya pemberantasan vektor, tetapi hasilnya belum optimal. Kejadian luar biasa (KLB) masih sering terjadi. Secara teoritis ada empat cara untuk memutuskan rantai penularan DBD ialah melenyapkan virus, isolasi penderita,mencegah gigitan nyamk (vector) dan penggalian vector. Untuk pengendalian vector dilakukan dengan dua cara yaitu dengan cara kimia dan pengelolaan lingkungan, salah satunya dengan cara pemberantasan sarang nyamuk (PSN).  (dari berbagai sumber)