KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT (KIM)

Kelompok Infomrasi Masyarakat ( KIM MINAK KONCAR

Jumat, 12 Oktober 2018

Tim Penggerak Desa Uranggantung mengadakan Rapat Pleno pada hari Jum,at tanggal 12 Oktober 2018 yang di hadiri 50 orang terdiri dari , Pengurus PKK Desa , Pengurus PKK RW, RT dan Dasa Wisma dan Tim Penggerak PKK Kecamatan Sukodono . Rapat Pleno di Desa Uranggantung di laksanakan satu bulan sekali dengan Anjangsana ke Rumah – Rumah Kasun ( Kepala Dusun ) dengan tujuan yang pertama untuk menjalin Silaturrohmi dan yang ke dua agar masyakatat juga bisa mengenal lingkungan di Wilayah Uranggantung .
Rapat pleno di awali dengan menyayikan Mars PKK dan Pembacaan 10 Program pokok PKK , karena PKK ( Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga ) ada 10 program Pokok PKK yang harus menjadi program Kerja PKK yaitu : 1. Penghayatan dan Pengamalan pancasila 2. Gotong Royong 3. Pangan 4. Sandang 5. Perumahan dan tata laksana Rumah Tangga 6. Pendidikan dan Ketrampilan 7. Kesehatan 8. Pengembangan Kehidupan Berkoprasi 9. Kelestarian Lingkungan Hidup 10. Perencanaan Sehat Sekretaris PKK Kecamatan Sukodono ibu hanifah menyampaikan pola Asuh Anak dan Remaja dengan Penuh cinta dan kasih Sayang dalam Keluarga Anak adalah ; 1. Amanah Tuhan Yang Maha Esa 2. Harapan Masa depan 3. Anak Perlu di persiapkan sejak dini bahkan sejak dalam kandungan 4. Orang tua wajib dan bertanggung jawab untuk mengasuh memelihara , mendidik sera melindungi .
TAHAPAN PENGASUHAN ANAK DAN REMAJA : Tahap I : Pengasuhan anak sejak dalam kandungan  Kondisi kesehatan dan perilaku ibu hamil mempengaruhi tumbuh kembang rohani dan jasmani janin  Tindakan kekerasan yang di alami ibu hamil berpengaruh pada janin yang di kandungan  Di perlukan makanan yang bergizi seimbang dan kaya zat nutrisi  Memberikan suasana kehidupan yang aman dan nyaman  Atur jarak kehamilan se kurang – kurangnya 2 tahun  Cegah kehamilan sebelum usia 21 tahun atau sesudah 35 tahun  Setelah bayi lahir , lingkungan pertama dan utama dalam kehidupannya adalah keluarga :Tahap II : Pengasuhan anak Usia Dini ( 0 – 6 tahun )  Anak harus mendapatkan ASI dan makanan yang bergizi seimbang  Anak di perikan perhatian , kasih sayang dan stimulant yang tepat ( menyayi, berbicara dan membaca  Anak belajar meniru apa yang di lakukan orang paling dekat  Anak belajar bagaimana bergaul dengan sesamanya  Ajak bermain  Dengarkan Pendapatnya  Membantu anak belajar bertanggung jawab terhaap aktifitasnya  Dorong anak untuk mengungkapkan pengalamannya Tahap III : Pengasuhan anak Usia Sekolah ( 7 – 18 tahun )  Pada usia ini , sangat penting peran orang tua dan guru dalam hal medidik  Potensi anak perlu di stimulasi agar tidak memudar ,perlu stiulasi yang konsisten , teraturdan berulang ulang  Anak sedang mencari jati diri , suka menentang  Perlu dibimbing dalam memecahkan masalah  Bila anak melakukan kesalahan hendaknya bila menegur dengan memberikan alasan  Berbicara dengan kalimat positifdan mudah di mengerti  Memasuki masa pubertas Tahap IV : Pengasuhan anak Usia Remaja ( < 20 tahun )  Gaya hidup dan cara berfikir beruba menuju dewasa  Orang tua harus mengawasi pergaulan dan lingkungan bermainnya  Sering berkomunikasi dan berdiskusi , mengigatkan adanya bahaya pengaruh negatiF di sekitarnya ( narkoba , pergaulan menyimpang ,dsb)  Memgigatkan perlunya makanan bergizi seimbang , bila diit jangan salah hanya untuk berpenampilan menarik  Perlakukan sebagai teman , jadilah pendengan yang baik